Scrub atau lulur

Saturday, February 16, 20130 komentar


Lulur adalah istilah bahasa indonesia yang mengacu pada scrub. Biasanya terbuat dari beras yang dicampur bahan alami dan rempah-rempah lainnya, seperti bengkuang, melati, teh hijau, atau kopi. Scrub merupakan salah satu produk kecantikan untuk menghaluskan kulit tubuh dengan mengangkat sel kulit mati. Proses "scrubing" ini biasanya dilakukan untuk melengkapi proses pembersihan kulit setelah menggunakan pembersih wajah. 
Kulit merupakan organ hidup yang secara konstan memperbaharui dirinya dengan melepaskan sel-sel yang sudah mati dilapisan paling luar (eksfoliasi) dan membentuk sel baru dari dalam. Apabila lapisan sel yang mati ini menumpuk, akibat kelebihan produksi atau mungkin terhambat, maka kulit akan tampak bersisik, kasar dan kusam. Proses pergantian sel kulit ini juga akan melambat seiring dengan meningkatnya usia. Oleh karena itu proses eksfoliasi merupakan salah satu step yang sangat dibutuhkan untuk merawat dan meremajakan kulit kita, selain membersihkan, melembabkan, serta melindungi kulit. 


Pada dasarnya scrub bisa diaplikasikan untuk semua jenis kulit. Scrubbing umumnya dapat dilakukan 1-2 kali seminggu. Namun pada tipe kulit berminyak, cenderung berjerawat dapat dilakukan setiap hari (bila diperlukan), karena perlu untuk mengangkat minyak dan debris lainnya yang dapat menyumbat pori. Biasanya butiran scrub dimasukan ke dalam pembersih wajah yang juga sudah mengandung bahan anti-akne. Pada kulit yang berjerawat boleh menggunakan scrub, namun harus berhati-hati saat membersihkan wajah, tidak boleh terlalu digosok-gosok. 
Pada kulit kering dan bersisik juga dibutuhkan scrub atau tindakan eksfoliasi lain untuk mengangkat sel kulit yang mati sehingga bahan pelembab dapat menyerap lebih baik ke dalam kulit sehingga dapat mengatasi kekeringan kulitnya. Scrub, meski terlihat sepele namun bisa berperan penting dalam mengembalikan wajah anda akibat menumpuknya kulit mati. Lakukan secara berkala dan teratur didampingi dengan perawatan lain semisal masker dan lainnya untuk mendapatkan kulit idaman.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012-2013. data-data kedokteran - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger