Asam Urat

Saturday, December 15, 20120 komentar


Gout atau yang lebih dikenal dengan sebutan asam urat, adalah salah satu bentuk dari artritis (atau radang sendi). Gejala umumnya adalah nyeri yang tiba-tiba, pembengkakan, rasa panas dan kaku. Asam urat bisa mengenai semua orang, walau pria lebih sering mengalaminya.

Gejala
Gejala peradangan akibat asam urat biasa disertai kemerahan, bengkak,rasa panas dan nyeri. Nyeri timbul mendadak dan sering dirasakan di ibu jari kaki, walaupun dapat dirasakan juga pada daerah sendi pergelangan kaki, lutut, tangan dan daerah persendian lainnya. Tingkat nyeri juga bervariasi, mulai dari nyeri ringan hingga nyeri yang sangat. Daerah sendi yang meradang bisa disertai pembengkakan, walau hal tersebut tidak selalu terjadi.
Gejala-gejala ini biasanya akan hilang dalam waktu beberapa hari sampai minggu secara sendirinya, tanpa pengobatan. Dengan berlalunya waktu, serangan nyeri tersebut tidak hanya berlangsung di satu persendian, tetapi dapat mengenai beberapa persendian.
Namun apabila tidak ada tanda dan gejala asam urat, apakah anda terbebas dari asam urat? jawabnya belum tentu. Penyakit asam urat / Artritis gout mempunyai 4 tahap dalam perjalanan penyakitnya :

1. Hiperurisemik asimptomatik
Asam urat dalam tubuh anda tinggi tetapi tidak pernah menimbulkan nyeri sama sekali.

2. Artritis gout akut ( serangan gout akut )
Timbulnya gejala-gejala asam urat. Serangan biasanya pada satu sendi saja, dengan tanda-tanda peradangan seperti merah, nyeri, bengkak, terasa panas, dan sakit jika digerakkan. Hal ini disebabkan karena jumlah asam urat yang tinggi didalam tubuh sehingga menumpuk menjadi kristal asam urat di persendian, dan merangsang proses peradangan.

3. Artritis gout interkritikal ( Interval kritis )
Pada tahap ini pasien yang pernah menderita serangan gout menjadi bebas gejala. Walaupun tanpa gejala, kristal asam urat tetap dapat ditemukan pada cairan sendi yang diambil dari sendi. Umumnya fase ini terjadi setelah 6 bulan-2 tahun setelah serangan pertama. Pada tahap ini, penderita harus tetap mengontrol asam uratnya, jika tidak serangan gout dapat terjadi lagi.

4.Gout menahun
Terdapat topus / penimbunan kristal asam urat pada sendi. Biasanya penderita sudah menderita penyakit ini selama 5-10 tahun

Penyebab
Proses radang terjadi bilamana kristal urat terakumulasi di daerah persendian, yang menyebabkan radang dan rasa nyeri. Kristal urat terbentuk dari asam urat. Hal ini dapat dikonfirmasi dengan tingginya kadar asam urat dalam darah. Tubuh kita memproduksi asam urat dalam bentuk purin
Purin merupakan zat alami yang dapat ditemukan didalam tubuh dan beberapa jenis makanan, misalnya daging jeroan, asparagus dan jamur. Seharusnya, asam urat akan dikeluarkan melalui ginjal. Namun kadang tubuh kita memproduksi asam urat terlalu tinggi atau ginjal kita mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. 
Hal inilah yang menyebabkan tingginya kadar asam urat yang selanjutnya dapat membentuk susunan kristal yang akhirnya mengumpul pada daerah persendian, dan menyebabkan proses radang. Beberapa hal yang dapat memicu timbulnya asam urat:
  • Makanan yang mengandung banyak purin.
    Misalnya jeroan, hidangan laut (ikan sardin, ikan teri, ikan salmon, kerang) dan bayam.
  • Minuman beralkohol.
    Selain dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi juga dapat meningkatkan kadar asam urat.
  • Obat-obatan.
    Misalnya obat untuk penyakit tekanan darah tinggi atau gagal jantung. Jika Anda akan melakukan pengobatan, beritahukan lebih dulu kepada dokter mengenai penyakit asam urat Anda.
  • Minuman berfruktosa.
    Hindari mengkonsumsi terlalu banyak minuman dengan pemanis buatan ini.

Faktor Resiko
Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh adalah: 
  • Gaya hidup. Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena radang asam urat.
  • Kondisi medis. Beberapa kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, kadar lemak dalam darah yang tinggi, dan arteriosclerosis (penyempitan pembuluh darah), dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat.
  • Obat-obatan. Beberapa jenis obat seperti diuretik, aspirin, dapat relatif meningkatkan kadar asam urat.
  • Genetik. Riwayat keluarga yang memiliki sejarah asam urat akan meningkatkan risiko Anda. ( + 20%)
  • Usia dan jenis kelamin. Pria lebih sering mengalami radang asam urat (terutama pada masa puber). Namun memasuki usia menopause, wanita memiliki risiko yang sama besar dengan pria untuk menderita radang akibat asam urat. 
Sementara makan kacang-kacangan (sayuran tinggi protein dan mengandung purin) dalam penelitian terbaru tidak berpengaruh terhadap perkembangan penyakit asam urat.


Komplikasi
Kumpulan kristal asam urat dalam jangka waktu lama dapat membentuk nodul/penonjolan di bawah kulit yang disebut sebagai tophi, walau biasanya tidak nyeri. Tingginya kadar asam urat bisa menyebabkan terbentuknya kumpulan kristal urat di organ ginjal yang dapat menyebabkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Diagnosis 
Salah satu cara untuk mengetahui kadar asam urat adalah dengan melakukan pemeriksaan darah. Selain itu dokter mungkin perlu untuk melakukan pemeriksaan fisik pada daerah radang. 


Tatalaksana
Non-medikamentosa
  • Hindari mengkonsumsi alkohol, terutama beer dan sirup dengan kadar fruktosa yang tinggi.
  • Banyak minum air putih dan mengurangi minuman manis.
  • Banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, membatasi konsumsi daging jeroan, seafood (sebagian jenis ikan seperti sardin), dan jamur. Selain itu, sumber protein dapat diganti dengan susu rendah lemak.
  • Olahraga teratur dan menjaga berat badan (turunkan berat badan jika berlebih).

Medikamentosa
Biasanya dokter akan memberikan resep obat-obatan berupa:
  • Anti radang. Obat yang dikenal sebagai golongan NSAID (Non Steroid Anti Inflammatory Drugs) ini berfungsi untuk mengontrol peradangan dan mengurangi rasa nyeri.
  • Colchicine. Selain mengurangi nyeri, obat golongan ini juga dapat mencegah gout attack berikutnya.
  • Penurun produksi asam urat. Obat golongan xanthine oxidase inhibitor dapat membatasi jumlah asam urat yang diproduksi oleh tubuh, dengan demikian menurunkan kejadian radang akibat asam urat.
Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk pemilihan obat yang tepat.


Sumber:
http://meetdoctor.com/
http://www.medscape.com/
http://www.jurnalmedika.com/

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012-2013. data-data kedokteran - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger